Jumat, 06 Juni 2008

Pemberdayaan Sumber Daya Alam Indonesia

Sumber Daya Alam Indonesia.
Tidak diragukan lagi kekayaan akan sumber daya alam di Indonesia,baik yang dapat diperbaharui maupun tidak. Manusia terbiasa selalu menggunakan sumber daya alam ini untuk memenuhi kebutuhan mereka. Dari kebutuhan primer,sekunder hingga tersier.

Indonesia sangat terkenal akan kemakmuran alamnya. Banyak jenis/spesies flora fauna dijumpai di Indonesia. Dan Indonesia juga merupakan pemilik hutan tropis terbesar Asia.
Nama negara Indonesia sudah tak asing lagi,karena terkenal kekayaan alam,serta keindahannya. Banyak para pengamat lingkungan mengamati seluk beluk alam di Indonesia. Dan mereka pun sangat kagum melihat begitu luas hamparan hijau di Indonesia,dan begitu kayanya fauna di Indonesia. Ekonomi Indonesia saat kejayaan sangatlah baik. Pengaruh dari kondisi alam,dan pengelolaan yang baik membuat Indonesia menjadi negara makmur khususnya di bidang pertanian.

Tahun demi tahun berlalu. Sumber Daya Alam pun selalu digunakan jutaan penduduk. Kepadatan penduduk di Indonesia kian bertambah banyak. Hingga sekarang ini mencapai +260 jt penduduk. Dan masalah-masalah yang ada bertambah begitu banyak dan rumit. Seperti masalah sumber daya alam,yang selalu dikuras baik secara legal maupun ilegal.
Indonesia seakan-akan terdiam oleh tingkah laku rakyat yang tidak bertanggung jawab yang besar2an merampas kekayaan alam secara ilegal. Khusus untuk hutan di Indonesia,yang kini selalu berkurang. Tiap menit bisa berkurang hingga 12 kali lapangan bola. Dan itu selalu berkembang.

Kita tahu,negara Indonesia memiliki hutan tropis terbesar se Asia. Dan manfaat hutan tropis di Indonesia sangat besar. Bukan bagi Indonesia saja,juga negara lainnya. Namun tahun demi tahun,Indonesia selalu dirugikan. 4 trilyun hilang begitu saja di setiap bulannya. Dan hilangnya hutan tersebut tidak disertai reboisasi secara besar-besaran oleh pemerintah dan rakyatnya. Menyebabkan ketidakstabilan antara nilai pemakaian dengan nialai pelestariannya. Dan jika ini dibiarkan,bisa menyebabkan kerugian yang sangat besar baik dari materi maupun non materi.
Banyak musibah disebabkan masalah hutan ini. Contohnya kebakaran hutan,ilegal loging. Ini tentu saja membuat negara Indonesia tidak lagi bisa dikatakan makmur. Jelas saja,Indonesia tahun 2000 ke atas adalah tahun yang benar2 sangat terganggu oleh masalah perekonomian.
Sedangkan hutan ini merupakan ladang komersil di sebagian pihak,antara lain pemerintah dengan perusahaan swasta lainnya (PHP).

Maka dari itu,perlu diadakan sosialisasi pemberdayaan menyeluruh dan bertahap. Harus diadakan suatu penekanan dan penegasan. Harus ada hukum yang mengikat dan sangat tegas untuk memberantas aktivitas yang bersifat merampas kekayaan alam secara ilegal.
Caranya dengan membentuk badan pengurus kehutanan,dan badan pelestarian-pelestarian yang lebih menuju kepada sosialiasi antar penduduk. Karena semua ini merupakan tanggung jawab bersama. Perlu adanya kesadaran terhadap lingkungan yang tinggi. Langkah2nya adalah dengan memenuhi setiap rumah dengan tanaman hias atau Dll yang bersifat keindahan,keteduhan dan di halalkan. Dan juga penanaman pohon atau tanaman besar-besaran di suatu wilayah yang berpotensi. Penghijauan tempat2 di daerah kota. Dan masih banyak lagi.

Jika ini terlaksana,maka mungkin saja Indonesia menjadi negara makmur kembali.

Tidak ada komentar: